Tips Memilih Cat untuk Pintu Harmonika

Pintu Harmonika

Tips Memilih Cat untuk Pintu Harmonika – Tidak berbeda dengan dinding ruangan, demi keindahan dan rasa seni pintu harmonika juga harus diberi warna atau cat sehingga punya tampilan yang sempurna dan menarik.

Memilih cat pintu harmonika itu tidak boleh sembarangan. Sebab besi sebagai komponen utama yang digunakan punya karakter sendiri. Demikian pula dengan pewarnaannya, harus diselaraskan dengan warna dinding. Pada umumnya penggunaan warna ini menerapkan konsep muda atau lembut dan tua. Dan yang pasti, antara pintu harmonika dengan ruangan selalu menggunakan konsep pewarnaan yang serasi. Kombinasi warna akan membuat arsitekur dan bentuk bangunan terlihat semakin menarik dan cantik.

Sebelum diberikan cat warna, pintu harmonika perlu dilapisi dengan cat dasar terlebih dahulu. Banyak orang tidak mengetahui peranan penting cat dasar atau dikenal dengan nama Zinchromate. Mungkin Anda pernah mendengar atau membaca nama cat Zinchromate. Cat Zinchromate umumnya berwarna Green (Hijau), Grey (Abu – Abu), Blue (Biru) dll tergantung keperluannya. Sedangkan untuk keperluan cat dasar pintu harmonika umumnya menggunakan warna Grey dan Green, dapat disesuaikan dengan cat warnanya.

Fungsi dari cat dasar atau Zinchromate adalah melapisi besi sebagai lapisan dasar sebelum di cat warna agar tidak mudah karat. Besi yang langsung diaplikasikan cat warna umumnya akan lebih cepat karat dibandingkan dengan besi yang dilapisi cat dasar terlebih dahulu dan besi yang karatan akan lebih cepat keropos (lama-lama cat akan garing seperti kerupuk). Memang dari segi ekonomis memakai cat dasar akan double cost daripada tidak namun dari segi jangka waktu jatuhnya lebih hemat karena Anda tidak perlu sebentar-sebentar ngecat atau malah harus cepat ganti material besi.
Besi memang material yang kuat dan kokoh, kelemahannya adalah terhadap air dan cuaca sehingga perlu dilindungi dengan mengaplikasikan cat dasar.

Sementara itu cat warna untuk pintu harmonika terbagi menjadi beberapa jenis. Cat yang digunakan saat ini salah satunya adalah cat minyak. Pemakaian cat jenis ini membuat permukaan pintu harmonika menjadi tertutup semua. Cara mengoleskannya adalah memakai kuas dan pilihan warnanya banyak sekali. Kelebihan dari cat ini adalah proses pengerjaannya tidak rumit dan membutuhkan waktu yang relatif singkat, namun sayang karena memakai kuas seringkali hasil warna tidak merata sama.

Selain itu masih ada cat warna dari jenis lain yaitu cat duco. Sama dengan cat minyak, pilihan warna dari cat jenis ini juga ada bermacam-macam. Yang membedakan yaitu cara pemakaiannya karena tidak menggunakan kuas lagi melainkan dengan cara disemprot. Dibanding dengan cat minyak yang dioleskan, maka dengan cara disemprot hasilnya lebih bagus, namun proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Pintu Harmonika

Kami CV.Unggul Jaya Malang sebagai produsen / fabrikasi Pintu Harmonika / Folding Gate telah memproduksi Pintu Harmonika Murah yang terbuat dari bahan kualitas terbaik dengan memadukan konsep-konsep desain yang menarik serta dengan tidak keluar dari konsep dasar Pintu Harmonika sebagai pintu pengaman.
Untuk info lebih detail hubungi : Bpk.Ananda – 0816555963

Posted in Artikel Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,